JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis <p><strong>JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini</strong>, terbit 2 kali setahun, bulan Februari dan bulan Agustus, mempublikasikan artikel yang berisikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Anak Usia Dini dari para guru, dosen, dan peneliti yang belum pernah dipublikasikan pada media lainnya.</p> <p>p-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1610168581&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2774-4329</a> | e-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1610169170&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2774-4310 </a></p> id-ID dodikpsetyo@gmail.com (DODIK PRASETYO) jurnalstaifa@gmail.com (IKSAN NASRUDIN) Sen, 02 Agu 2021 11:43:23 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEMBUK KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/47 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk Pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 63.75 dengan ketuntasan belajar sebesar 47.7%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.12 dengan ketuntasan belajar sebesar 66.7%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77.08 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.5%.</p> HARIYANI Hak Cipta (c) 2021 HARIYANI HARIYANI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/47 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN TEMA 8 KESELAMATAN DI RUMAH DAN DI PERJALANAN MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 1 KATIPUGAL KEBONAGUNG PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/48 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui penerapan model pembelajaran <em>quantum teaching </em>dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Subjek dari penelitian adalah siswa kelas II SDN 1 Katipugal Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 7 perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian siklus I yang tuntas sebanyak 4 siswa (40%) dengan nilai rata-rata 61, siklus II siswa yang tuntas meningkat sebanyak 7 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 72 dan pada siklus III yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 9 siswa (90%) dengan nilai rata-rata 86. Hal tersebut telah mencapai KKM klasikal yang telah ditentukan yaitu ≥ 85%. Kesimpulannya adalah penelitian tindakan kelas dengan model <em>quantum teaching </em>dan media audio visual mata pelajaran PPKN tema 8 keselamatan di rumah dan di perjalanan pada siswa kelas II SDN 1 Katipugal dikatakan berhasil</p> AMINI Hak Cipta (c) 2021 AMINI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/48 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI MELALUI KARTU ANGKA SISWA KELOMPOK B SEMESTER GENAP TK AMONG PUTRA I DESA WONOGONDO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/49 <p>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang upaya meningkatkan kemampuan mengenal angka melalui media kartu angka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari-April 2019. Subjek penelitian adalah 20 anak TK Among Putra I Wonogondo, Kebonagung, Pacitan. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun capaian angka dari pelaksanaan siklus I dan II dapat digambarkan terjadi peningkatan, yaitu, siswa yang termasuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dari siklus I sebanyak&nbsp; 4 anak (20%) menjadi 5 anak (25%). Siswa dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH) juga mengalami perkembangan, yaitu dari 10 anak (50%) menjadi 65% atau (13 anak). Sementara itu, jumlah siswa yang termasuk dalam kategori mulai berkembang sebanyak 5 anak (25%) pada siklus I menjadi 2 anak (10%).</p> BARINI Hak Cipta (c) 2021 BARINI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/49 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH MELALUI BERMAIN BOWLING SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SINAR PUTRA KECAMATAN NAWANGAN KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/50 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar bola secara terarah melalui bermain <em>bowling </em>sederhana pada anak Kelompok A di TK Sinar Putra Nawangan Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A TK Sinar Putra Nawangan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan melempar bola secara terarah melalui bermain <em>bowling </em>sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi <em>checklist. </em>Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah apabila minimal 80% anak dapat melempar bola secara tepat mengenai 5 sampai 7 pin <em>bowling </em>dengan jarak 5 meter. Hasil penelitian ini yaitu pada pra tindakan tingkat pencapaian 20%. Setelah dilakukan tindakan Siklus I terjadi peningkatan yaitu 46,7%. Selanjutnya Siklus II hasil yang dicapai yaitu 80% yang telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan yaitu 80%.</p> ESTI PURMIATI Hak Cipta (c) 2021 ESTI PURMIATI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/50 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PLOSO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/51 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil keterampilan menulis paragraf siswa kelas V di SD Negeri 2 Ploso melalui pendekatan pengalaman berbahasa. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Ploso Pacitan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu dengan mencari rerata dan hasilnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan pengalaman berbahasa dapat meningkatkan aktivitas dan perhatian siswa. Disamping itu, dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ploso. Peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa siklus I sebesar 3,63, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 66,13 dan pada siklus II sebesar 8,42, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 70,92.</p> TITIK SUPRAPTI Hak Cipta (c) 2021 TITIK SUPRAPTI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/51 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOLOSINGO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/52 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 SD Negeri Bolosingo Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 20 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dari segi proses maupun hasil dengan menggunakan media kartu huruf. Peningkatan keterampilan membaca permulaan pada pratindakan adalah 65,55 meningkat menjadi 74,47 pada siklus II. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: 1) siswa mengamati media kartu huruf yang dipasang guru didepan kelas, 2) siswa diberi contoh menyusun huruf-huruf menjadi kata, 3) siswa memperhatikan guru saat guru membacakan kata dengan kartu huruf, 4) siswa menirukan guru membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat, 5) Siswa disuruh maju ke depan untuk membaca.</p> SRI WAHYUNI Hak Cipta (c) 2021 SRI WAHYUNI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/52 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MELALUI MEDIA PEMUTARAN VCD FILM KARTUN PADA ANAK KELOMPOK A TK MARDI PUTRA PUNUNG KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/53 <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui penggunaan media film kartun untuk anak kelompok A TK Mardi Putra Punung Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Mardi Putra Punung Pacitan yang berjumlah 14 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyimak cerita dapat ditingkatkan melalui media VCD film kartun dengan cara memutarkan film, menyimak dengan penuh perhatian, melakukan tanya jawab dan mengapresiasi. Hal ini sudah terbukti bahwa pada praSiklus ketuntasan menyimak cerita 23,81% kemudian pada Siklus I meningkat menjadi 60,32%. Pada Siklus II angka ketuntasan menyimak cerita meningkat mencapai 93,65%.</p> RETNO WIDOWATI Hak Cipta (c) 2021 RETNO WIDOWATI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/53 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 PLOSO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/54 <p>Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan teknik kelompok belajar dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika. Penelitiannya merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kelompok belajar yang diperoleh dari penilaian kognitif yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan dari pretes ke siklus I sebanyak 7.25% dari 60.38% menjadi 67.63% dan pada siklus I ke siklus II sebanyak 11.62% dari 67.63% menjadi 79.25%. Persentase kemampuan berfikir kritis siswa menunjukkan peningkatan menjadi kategori tinggi dan persentase ketuntasan kemampuan berfikir kritis siswa telah mencapai 85% dari 20 siswa yang memenuhi KKM. Sehingga proses pembelajaran dengan menggunakan strategi tersebut berhasil.</p> BENO SOESANTO Hak Cipta (c) 2021 BENO SOESANTO https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/54 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI DESA BANJARJO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/55 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan ular tangga kata pada anak kelompok A TK Pertiwi Banjarjo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian yaitu anak-anak kelompok A yang berjumlah 22 orang anak. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan ular tangga kata dapat meningkatan kemampuan mengenal kata. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, kemampuan mengenal kata anak sebesar 41,66%. Pada Siklus I sebesar 60,21% meningkat 18,55%, dan pada Siklus II sebesar 80,55% meningkat 38,89%. Kemampuan mengenal kata meliputi anak sudah mampu menunjuk kata sesuai gambar/perintah, menyebut kata dengan membaca tulisan yang tertulis dan menyebutkan simbol-simbol dalam kata. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kata anak Kelompok A dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 76%.</p> SUPIARTI Hak Cipta (c) 2021 SUPIARTI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/55 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PITON KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/56 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Piton tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Piton yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 putra dan 15 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Piton. Berdasarkan tes pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari 66,27 menjadi 86,77 dengan ketuntasan belajar meningkat dari 22,73% menjadi 86,36%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada pembagian kelompok yang heterogen dengan pembagian tugas setiap anggota dapat memaksimalkan kegiatan pada komponen inkuri, bertanya, masyarakat belajar, dan pemodelan. Nilai rata-rata menjadi 89,18 dengan ketuntasan belajar 100%.</p> SUYONO Hak Cipta (c) 2021 SUYONO https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/56 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700 MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BENDA KONKRET PADA ANAK USIA KELOMPOK B TK PAMARDI SUNU KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/57 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui <em>problem solving </em>dengan benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi dan pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pamardi Sunu Punung Pacitan, dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15 (64,01) meningkat menjadi 83,33. Pada penjumlahan 16-20 (51,13) meningkat menjadi 85,60. Langkah pembelajarannya yaitu: 1) guru memperkenalkan benda konkret yang digunakan, 2) guru mencontohkan bagaimana memecahkan persoalan penjumlahan, 3) guru membacakan <em>problem solving</em>, 5) anak memecahkan persoalan penjumlahan dengan mengambil, memindah, menggabung dan menghitung secara langsung benda konkret, dan 6) anak memecahkan persoalan penjumlahan secara individu pada siklus I dan berpasangan pada siklus II.</p> WAHYUNI SUSILOWATI Hak Cipta (c) 2021 WAHYUNI SUSILOWATI https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0 http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jvis/article/view/57 Sen, 02 Agu 2021 00:00:00 +0700