MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BENDA KONKRET PADA ANAK USIA KELOMPOK B TK PAMARDI SUNU KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • WAHYUNI SUSILOWATI TK Pamardi Sunu Desa Punung, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.57

Kata Kunci:

Penjumlahan, problem solving, benda konkret, anak usia dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan melalui problem solving dengan benda konkret. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan 2 siklus dengan tema rekreasi dan pekerjaan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pamardi Sunu Punung Pacitan, dengan jumlah 22 anak yang terdiri dari 9 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I, rerata kemampuan penjumlahan 11-15 (64,01) meningkat menjadi 83,33. Pada penjumlahan 16-20 (51,13) meningkat menjadi 85,60. Langkah pembelajarannya yaitu: 1) guru memperkenalkan benda konkret yang digunakan, 2) guru mencontohkan bagaimana memecahkan persoalan penjumlahan, 3) guru membacakan problem solving, 5) anak memecahkan persoalan penjumlahan dengan mengambil, memindah, menggabung dan menghitung secara langsung benda konkret, dan 6) anak memecahkan persoalan penjumlahan secara individu pada siklus I dan berpasangan pada siklus II.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Masitoh, Ocih Setiasih, dan Heny Djoehaeni. 2005. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga. Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Santrock. 2002. Perkembangan Anak . Jakarta: Erlangga.

Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Sudaryanti. 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta: Bandung.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat Publising.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

SUSILOWATI, W. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN BENDA KONKRET PADA ANAK USIA KELOMPOK B TK PAMARDI SUNU KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 234-244. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.57