UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI DESA BANJARJO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • SUPIARTI TK Pertiwi Banjarjo, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.55

Kata Kunci:

Kemampuan mengenal kata, permainan ular tangga

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kata melalui permainan ular tangga kata pada anak kelompok A TK Pertiwi Banjarjo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitiaan Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian yaitu anak-anak kelompok A yang berjumlah 22 orang anak. Metode pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan ular tangga kata dapat meningkatan kemampuan mengenal kata. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, kemampuan mengenal kata anak sebesar 41,66%. Pada Siklus I sebesar 60,21% meningkat 18,55%, dan pada Siklus II sebesar 80,55% meningkat 38,89%. Kemampuan mengenal kata meliputi anak sudah mampu menunjuk kata sesuai gambar/perintah, menyebut kata dengan membaca tulisan yang tertulis dan menyebutkan simbol-simbol dalam kata. Perolehan persentase tersebut menunjukkan bahwa kemampuan mengenal kata anak Kelompok A dengan kriteria baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 76%.

Referensi

Ariesta, Freddy Widya. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Media Ular Tangga pada Siswa Kelas IV SD Pakintelan 03. Diakses dari http//eprints.unnes.ac.id_2011. Pada tanggal 12 Agustus 2018, jam 13.02 WIB.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahyo, Agus N. 2011. Game Khusus Penyeimbang Otak Kanan dan Kiri Anak. Yogyakarta: Flashbooks

Carol, Seefeldt. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT. Indeks.

Hartati, Sofia 2005. Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak (Penerjemah: dr. Med Meitasari Tjandra dan Dra. Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Ismail, Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional RI.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Nisak, Raisatun. 2013. Seabrek Games Asyik- Edukatif untuk mengajar PAUD/TK. Jogjakarta: Diva Press.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.

Rahayu, Sri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Berhitung Melalui Permainan Ular Tangga. Diakses dari http//respository.upi.edu/ perpustakaan.upi. edu/s_paud_0701540_chapter1. Pada tanggal 21 Agustus 2018, jam 10.58 WIB.

Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.

Suhartono. 2005. Perkembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Wulandari, Francisca. 2008. Pengembangan Media Sederhana Ular Tangga Bertema Bagi Siswa Taman Kanak-kanak. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

SUPIARTI. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA MELALUI METODE PERMAINAN ULAR TANGGA KATA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI DESA BANJARJO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 206-218. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.55