PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 PLOSO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • BENO SOESANTO SD Negeri 2 Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.54

Kata Kunci:

Pembelajaran aktif, kelompok belajar, kemampuan berfikir kritis

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan teknik kelompok belajar dan meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematika. Penelitiannya merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal tes, dan catatan lapangan. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika menggunakan penerapan strategi pembelajaran aktif teknik kelompok belajar yang diperoleh dari penilaian kognitif yang dilakukan setiap akhir siklus. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan dari pretes ke siklus I sebanyak 7.25% dari 60.38% menjadi 67.63% dan pada siklus I ke siklus II sebanyak 11.62% dari 67.63% menjadi 79.25%. Persentase kemampuan berfikir kritis siswa menunjukkan peningkatan menjadi kategori tinggi dan persentase ketuntasan kemampuan berfikir kritis siswa telah mencapai 85% dari 20 siswa yang memenuhi KKM. Sehingga proses pembelajaran dengan menggunakan strategi tersebut berhasil.

Referensi

Ahmad, Susanto. 2013. Teori belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Fisher, Alec. 2009. Berfikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Kowiyah. 2012. Kemampuan Berfiki Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar Vol.3, No. 5.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berfikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkancana, Wayan dan Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan.Surabaya: Usaha Nasional.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

SOESANTO, B. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MELALUI TEKNIK KELOMPOK BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 2 PLOSO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 193-205. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.54