PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOLOSINGO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • SRI WAHYUNI SD Negeri Bolosingo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.52

Kata Kunci:

Keterampilan membaca permulaan, media kartu huruf

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 SD Negeri Bolosingo Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 berjumlah 20 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan membaca permulaan siswa meningkat dari segi proses maupun hasil dengan menggunakan media kartu huruf. Peningkatan keterampilan membaca permulaan pada pratindakan adalah 65,55 meningkat menjadi 74,47 pada siklus II. Peningkatan didasarkan pada proses keterampilan membaca permulaan yang sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: 1) siswa mengamati media kartu huruf yang dipasang guru didepan kelas, 2) siswa diberi contoh menyusun huruf-huruf menjadi kata, 3) siswa memperhatikan guru saat guru membacakan kata dengan kartu huruf, 4) siswa menirukan guru membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat, 5) Siswa disuruh maju ke depan untuk membaca.

Referensi

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.

Haryadi dan Zamzawi. 1997. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rumini, Sri, dkk. 2010. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UPP UNY.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

WAHYUNI, S. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI BOLOSINGO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 172-180. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.52