PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PLOSO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • TITIK SUPRAPTI SD Negeri 2 Ploso, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.51

Kata Kunci:

Keterampilan menulis, paragraf, pengalaman berbahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil keterampilan menulis paragraf siswa kelas V di SD Negeri 2 Ploso melalui pendekatan pengalaman berbahasa. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Ploso Pacitan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu dengan mencari rerata dan hasilnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan pengalaman berbahasa dapat meningkatkan aktivitas dan perhatian siswa. Disamping itu, dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ploso. Peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa siklus I sebesar 3,63, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 66,13 dan pada siklus II sebesar 8,42, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 70,92.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryadi dan Zamzani. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru SekolahDasar (Primary School Teacher Development Project).

Henry G. Tarigan. 2008. Menuli ssebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Rofi'uddin, Ahmad dan Darmiyati Zuhdi. 1998. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary School Teacher Development Project).

Suparti. 2010. Pengalaman Pendekatan Pengalaman Berbahasa. Diakses Pada tanggal 2 April 2018 pukul 10.16 WIB dari http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosi ding2/fkip201022.pdf.

Tompkins, Gail E. 1995. Language Art: Content and teaching Stategies Third Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Zubaidah, Enny. 2000. Otonomi Guru dalam Pembelajaran Baca Tulis Kelas Awal melalui PPB dalam Rangka Demokratisasi Pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan (No.2 Tahun VII, Agustus 2000). Hlm. 46.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

SUPRAPTI, T. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 PLOSO KECAMATAN PACITAN KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 163-171. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.51