UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH MELALUI BERMAIN BOWLING SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SINAR PUTRA KECAMATAN NAWANGAN KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • ESTI PURMIATI TK Sinar Putra Desa Nawangan, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.50

Kata Kunci:

Melempar bola secara terarah, bermain bowling sederhana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan melempar bola secara terarah melalui bermain bowling sederhana pada anak Kelompok A di TK Sinar Putra Nawangan Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 15 anak Kelompok A TK Sinar Putra Nawangan. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan melempar bola secara terarah melalui bermain bowling sederhana. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan instrumen lembar observasi checklist. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan adalah apabila minimal 80% anak dapat melempar bola secara tepat mengenai 5 sampai 7 pin bowling dengan jarak 5 meter. Hasil penelitian ini yaitu pada pra tindakan tingkat pencapaian 20%. Setelah dilakukan tindakan Siklus I terjadi peningkatan yaitu 46,7%. Selanjutnya Siklus II hasil yang dicapai yaitu 80% yang telah sesuai dengan indikator yang telah ditentukan yaitu 80%.

Referensi

Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmasubrata, Ginanjar. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga. Surabaya: Dafa Publishing.

Hurlock, E. B. 2000. Perkembangan Anak. Jilid 1. (Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Madya, Suwarsih. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Montolalu, B.E.F, Dian Arrahmi, & Sri Setiana. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Mudjito. 2010. Pedomanan Penilaian di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Rasyid, Harun, Mansyur, & Suratno. 2009. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Multi Pressindo.

Sunarto & Hartono. 2002. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

PURMIATI, E. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA SECARA TERARAH MELALUI BERMAIN BOWLING SEDERHANA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SINAR PUTRA KECAMATAN NAWANGAN KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 150-162. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.50