PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEMBUK KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • HARIYANI SD Negeri 1 Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.47

Kata Kunci:

Hasil belajar, pembelajaran eksploratif, metode resitasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk Pacitan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Gembuk materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 63.75 dengan ketuntasan belajar sebesar 47.7%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.12 dengan ketuntasan belajar sebesar 66.7%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77.08 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.5%.

Referensi

Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Disekolah. Semarang: Unisula Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farikhah, Siti. 2017. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Puri Media.

Sugiyono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-02

Cara Mengutip

HARIYANI. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN METODE RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GEMBUK KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL VISIONER: Hasil Penelitian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini, 1(2), 110-122. https://doi.org/10.1212/jvis.v1i2.47