http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/issue/feed JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 2021-08-22T20:56:17+07:00 DODIK PRASETYO dodikpsetyo@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori dan Praktik Kependidikan </strong>adalah jurnal bertemakan pendidikan, dengan manfaat dan tujuan bagi perkembangan ilmu pendidikan. Terbit 2 kali setahun pada bulan Februari dan bulan Agustus. Jurnal ini bertujuan memberikan ruang publikasi hasil penelitian, gagasan konseptual, atau temuan-temuan akademis yang berhubungan dengan penerapan bidang ilmu pendidikan dari para dosen, guru, dan peneliti yang belum pernah dipublikasikan pada media lainnya.</p> <p>p-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1579153295&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2716-1498</a> | e-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1580093384&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2747-2477</a></p> http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/59 UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETEPUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 2021-08-21T07:22:00+07:00 WIDIASTUTI widiastutiwonogondo@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung Kebonagung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan resitasi &nbsp;dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 63.75 dengan ketuntasan belajar sebesar 47.7%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.12 dengan ketuntasan belajar sebesar 66.7%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77.08 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.5%.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 WIDIASTUTI http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/60 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGNONGKO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 2021-08-21T10:22:12+07:00 SUNARSO sunarssobangun@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 putra dan 15 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko. Berdasarkan tes pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari 66,27 menjadi 86,77 dengan ketuntasan belajar meningkat dari 22,73% menjadi 86,36%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada pembagian kelompok yang heterogen dengan pembagian tugas setiap anggota dapat memaksimalkan kegiatan pada komponen inkuri, bertanya, masyarakat belajar, dan pemodelan. Nilai rata-rata menjadi 89,18 dengan ketuntasan belajar 100%.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 SUNARSO http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/61 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN 2021-08-21T10:26:14+07:00 RUSMINI rusmini1966@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman operasi hitung bilangan cacah penjumlahan dan pengurangan dengan media sempoa pada siswa kelas I di SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas I yang berjumlah sebanyak 18 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 65 sebanyak 85% atau sebesar 16 dari 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yaitu pada pra tindakan yang berhasil mendapatkan nilai minimal KKM yaitu sebanyak 11 siswa (61,16%), terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 14 siswa (77,84%) dan terjadi lagi peningkatan sebanyak 16 siswa (88,89%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 68,61 pada pra tindakan, 70 pada siklus I dan terjadi penigkatan sebesar 80,27 pada siklus II.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 RUSMINI http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/62 PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEMETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN 2021-08-21T10:28:29+07:00 KADENO kadeno1964@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar dan proses pembelajaran bilangan romawi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan. Jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil yang diperoleh dari penerapan metode permainan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode permainan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri. Peningkatan proses pembelajaran menggunakan metode permainan pada aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 66,67% dan 65% meningkat menjadi 86,67% dan 84,17% pada siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 60,88 meningkat menjadi 70,20 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,36 pada siklus II. Siswa yang mencapai nilai ≥68 pada siklus I sejumlah 12 siswa atau 70,59%, pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau 94,12%. Dengan demikian, penerapan metode permainan dapat digunakan di kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 KADENO http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/63 IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DAN MEDIA MAJALAH DINDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DESA SOBO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 2021-08-21T10:31:46+07:00 WARDATI NA’IMAH wardatinaimahsobo@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui metode <em>eksperimen </em>dan media majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Sobo yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 WARDATI NA’IMAH http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/64 UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RABA PADA ANAK KELOMPOK A TK MARGA UTAMA KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 2021-08-21T10:34:14+07:00 KATMIATIN katmiatin1965@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba pada anak Kelompok A di TK Marga Utama Pringkuku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April- Juni 2019. Subjek penelitian adalah 17 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan menggunakan media papan raba. Persentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pratindakan sebesar 58,82% meningkat pada Siklus I menjadi 74,07% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 92,16%.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 KATMIATIN http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/65 UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BUDI DESA MENDOLO KIDUL KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 2021-08-21T10:50:11+07:00 SUMARTIN sumartin679@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan motorik halus menggunakan media tanah liat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian ini ialah keterampilan motorik halus melalui media tanah liat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat meningkat dari kegiatan meremas, memilin, membentuk, dan mencetak. Hasil keterampilan motorik halus meningkat dari pra tindakan yang menunjukkan kategori BSH hanya 5 anak (31,25%), pada tindakan siklus I meningkat menjadi 11 anak (68,75%), dan pada akhir siklus meningkat menjadai 15 anak (93,75%).</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 SUMARTIN http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/66 IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 1 DADAPAN KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 2021-08-21T10:53:58+07:00 SRI SUNARTI srisunarti1966@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam muatan ajar IPS melalui model PBL pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Dadapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis &amp; McTaggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi setiap siklus. Data penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yang ditunjukkan melalui hasil tes evaluasi pada akhir siklus. Pada pratindakan terdapat 44 % yang mencapai KKM, pada siklus I dan II terdapat 80% dari jumlah siswa yang mencapai KKM atau sudah mencapai keberhasilan penelitian. Nilai rata-rata pratindakan sebesar 68,4, pada akhir siklus I sebesar 81,12, dan akhir siklus II sebesar 83,52.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 SRI SUNARTI http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/67 UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN 2019 2021-08-21T10:58:45+07:00 MARDIYATI mardiyati65@yahoo.com <p>Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning </em>(CTL). Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2019. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Gedangan yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini adalah rasa ingin tahu siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket rasa ingin tahu siswa dan observasi keterlaksanaan pendekatan <em>Contextual Teaching and Learning </em>(CTL). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila rasa ingin tahu sebagian besar (&gt;75%) siswa berada pada kategori baik . Hasil menunjukkan rasa ingin tahu siswa meningkat dari siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan berjumlah 17 siswa dengan presentase 73,91%. Pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan berjumlah 19 siswa dengan presentase 82,61%.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 MARDIYATI http://jurnal.lppm-staifapacitan.ac.id/index.php/jpp/article/view/68 PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 2021-08-21T11:01:28+07:00 SUGITO gitosd88@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw </em>di SDN 1 Dersono, Pringkuku, Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe <em>Jigsaw </em>dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS aspek kognitif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPS pada pra tindakan yaitu 59,13 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70,13 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,06.</p> 2021-08-22T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2021 SUGITO