PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • SUGITO SD Negeri 1 Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.68

Kata Kunci:

Prestasi belajar, pembelajaran IPS, kooperatif tipe jigsaw

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar aspek kognitif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di SDN 1 Dersono, Pringkuku, Pacitan. Jenis penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 16 anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes objektif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar IPS aspek kognitif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPS pada pra tindakan yaitu 59,13 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 70,13 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,06.

Referensi

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach alih bahasa Helly Prajitmo Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Saidi Hardjo dan Sunardi H.S. 1996. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial Buku 1. Yogyakarta: FIP FKIP.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

SUGITO. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 1 DERSONO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 223-233. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.68