UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • MARDIYATI SD Negeri 2 Gedangan, Kecamatan Tegalombo, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.67

Kata Kunci:

Rasa ingin tahu, Contextual Teaching and Learning

Abstrak

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu siswa dengan menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2019. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 2 Gedangan yang berjumlah 23 siswa. Objek penelitian ini adalah rasa ingin tahu siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket rasa ingin tahu siswa dan observasi keterlaksanaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila rasa ingin tahu sebagian besar (>75%) siswa berada pada kategori baik . Hasil menunjukkan rasa ingin tahu siswa meningkat dari siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan berjumlah 17 siswa dengan presentase 73,91%. Pada siklus II siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan berjumlah 19 siswa dengan presentase 82,61%.

Referensi

Adisusilo, Sutardjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baharuddin & Wahyuni, E. N. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Gambar Siklus PTK Kemmis & Mc. Taggart. Diakses pada tanggal 15 April 2019. https://encryptedtbn0.gstatic.com/

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengejaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: DIVA Press.

Subyantoro. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Farishma Indonesia.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sukardi. 2014. Metodologi Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wibowo, Agus & Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

MARDIYATI. (2021). UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 GEDANGAN TEGALOMBO PACITAN TAHUN 2019 . JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 211-222. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.67