IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 1 DADAPAN KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • SRI SUNARTI SD Negeri 1 Dadapan, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.66

Kata Kunci:

kemampuan memecahkan masalah, model PBL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dalam muatan ajar IPS melalui model PBL pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Dadapan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model spiral berdasarkan Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data pada penelitian berdasarkan pada refleksi setiap siklus. Data penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yang ditunjukkan melalui hasil tes evaluasi pada akhir siklus. Pada pratindakan terdapat 44 % yang mencapai KKM, pada siklus I dan II terdapat 80% dari jumlah siswa yang mencapai KKM atau sudah mencapai keberhasilan penelitian. Nilai rata-rata pratindakan sebesar 68,4, pada akhir siklus I sebesar 81,12, dan akhir siklus II sebesar 83,52.

Referensi

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Press.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thobroni, Muhammad. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

SUNARTI, S. (2021). IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DI KELAS IV SD NEGERI 1 DADAPAN KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 . JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 200-210. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.66