UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BUDI DESA MENDOLO KIDUL KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • SUMARTIN TK Tunas Budi, Desa Mendolo Kidul, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.65

Kata Kunci:

Keterampilan motorik halus, tanah liat, Kelompok A

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan motorik halus menggunakan media tanah liat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah semua anak kelompok A yang berjumlah 16 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek penelitian ini ialah keterampilan motorik halus melalui media tanah liat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat meningkat dari kegiatan meremas, memilin, membentuk, dan mencetak. Hasil keterampilan motorik halus meningkat dari pra tindakan yang menunjukkan kategori BSH hanya 5 anak (31,25%), pada tindakan siklus I meningkat menjadi 11 anak (68,75%), dan pada akhir siklus meningkat menjadai 15 anak (93,75%).

Referensi

Depdiknas. 2007. Pedoman pengembangan fisik motorik di taman kanak-kanak. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.

Hurlock, E. B. 1978. Perkembangan anak jilid 1. (Terjemahan Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Mugiwara. 2017. Pengertian dan satuan pendidikan anak usia dini (PAUD). Diakses pada tanggal 18 Juni 2018 melalui www.vocational2033.com/2017/02/pengerti an-dan-satuan-pendidikan-anak.html?m=1.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2014 Pendidikan Anak Usia Dini.

Poerwanti, Endang & Widodo, Nur. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.

Rumini, Sri dan Sundari, Siti. 2004. Perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Litera.

Sujati. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: UNY.

Sumantri. 2005. Model pengembangan keterampilan motorik anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suyadi dan Ulfah, Maulidya. 2012. Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Bandung: Rosdakarya.

Thorik. 2015. Apa itu tanah liat. Diakses melalui http://rumahtanahliatcitra.com/category/tanah-liat/.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

SUMARTIN. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MEDIA TANAH LIAT PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS BUDI DESA MENDOLO KIDUL KECAMATAN PUNUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 188-199. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.65