UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RABA PADA ANAK KELOMPOK A TK MARGA UTAMA KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Penulis

  • KATMIATIN TK Marga Utama, Desa Pringkuku, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.64

Kata Kunci:

Kemampuan mengenal lambang bilangan, media, papan raba

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba pada anak Kelompok A di TK Marga Utama Pringkuku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan April- Juni 2019. Subjek penelitian adalah 17 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal lambang bilangan menggunakan media papan raba. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan menggunakan media papan raba. Persentase rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada Pratindakan sebesar 58,82% meningkat pada Siklus I menjadi 74,07% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 92,16%.

Referensi

Aisyah, Siti, Sri Tatminingsih, Denny Setiawan, Mukti Amini, Titi Chandrawati, Dian Novita, & Untung Laksana Budi. 2010. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jamaris, Martini. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak- kanak. Jakarta: Grasindo.

Montessori, M. 2013. Metode Montessori: Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). (Alih Bahasa: Ahmad Lintang Lazuardi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurani, Yuliani Sujiono, dkk. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Purwanto, Ngalim. 2006. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Seefeldt, C. & Wasik, B.A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Alih Bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.

Suryadi, dkk. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Suyanto, Slamet. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Zaman, Badru, Asep Hery Hernawan, & Cucu Eliyawati. 2008. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

KATMIATIN. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN RABA PADA ANAK KELOMPOK A TK MARGA UTAMA KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 177-187. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.64