IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DAN MEDIA MAJALAH DINDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DESA SOBO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Penulis

  • WARDATI NA’IMAH TK Dharma Wanita, Desa Sobo, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.63

Kata Kunci:

Keterampilan sains, eksperimen, majalah dinding

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui metode eksperimen dan media majalah dinding. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Wanita Sobo yang berjumlah 14 anak terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I serta siklus II. Sebelum tindakan diperoleh persentase keterampilan sains sebesar 42,85%, dari persentase tersebut telah meningkat pada siklus I sebesar 64,28%. Saat pelaksanaan siklus II meningkat sebanyak 85,71%.

Referensi

Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara. 2007. Metode Pengembangan Bahasa: Hakikat Perkembengan Bahasa Anak. Semarang: IKIP Veteran.

Gunarti, Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dana Ketenagaan Perguruan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Pemerintah No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sujati. 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: UNY.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Yus, Anita. 2005. Penelitian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas Dikjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruaan Tinggi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

NA’IMAH, W. (2021). IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN DAN MEDIA MAJALAH DINDING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA DESA SOBO KECAMATAN PRINGKUKU KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 168-176. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.63