PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEMETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN

Penulis

  • KADENO SD Negeri 2 Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.62

Kata Kunci:

Hasil belajar, metode permainan, bilangan romawi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar dan proses pembelajaran bilangan romawi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan. Jenis penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil yang diperoleh dari penerapan metode permainan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui metode permainan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri. Peningkatan proses pembelajaran menggunakan metode permainan pada aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 66,67% dan 65% meningkat menjadi 86,67% dan 84,17% pada siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh dari pengukuran hasil belajar siswa pada kondisi awal sebesar 60,88 meningkat menjadi 70,20 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,36 pada siklus II. Siswa yang mencapai nilai ≥68 pada siklus I sejumlah 12 siswa atau 70,59%, pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau 94,12%. Dengan demikian, penerapan metode permainan dapat digunakan di kelas IV SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan.

Referensi

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Khumaira, I Komang Sudarma, & Desak Putu Parmiti. 2013. Pengembangan Media Presentasi Pembelajaran Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VII Semester Genap di MTSN Patas Kecamatan Gerogak Tahun Pelajaran 2012/2013. http://ejournal.undiksha.ac.id/. Diakses pada tanggal 13 April 2019 Pukul 19.45.

Kuswanto, dkk. 2008. Metode dan Pembelajaran. Jakarta: Balai Pustaka.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sudijono Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Tedjasaputra, Mayke S. 2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

KADENO. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PERMAINAN PADA SISWA KELAS IV SEMETER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DI SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 157-167. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.62