UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN

Penulis

  • RUSMINI SD Negeri 2 Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.61

Kata Kunci:

Penjumlahan dan pengurangan, media sempoa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman operasi hitung bilangan cacah penjumlahan dan pengurangan dengan media sempoa pada siswa kelas I di SD Negeri 2 Purwoasri Kebonagung Pacitan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas I yang berjumlah sebanyak 18 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 65 sebanyak 85% atau sebesar 16 dari 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yaitu pada pra tindakan yang berhasil mendapatkan nilai minimal KKM yaitu sebanyak 11 siswa (61,16%), terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 14 siswa (77,84%) dan terjadi lagi peningkatan sebanyak 16 siswa (88,89%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 68,61 pada pra tindakan, 70 pada siklus I dan terjadi penigkatan sebesar 80,27 pada siklus II.

Referensi

Aisyah, Nyimas, dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktort Tenaga Kependidikan.

Hadikusumo, Kunaryo, dkk. 1996. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press

Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Undang-undang RI Nomor 23 tahun 2003 tetang Sistem Pendidikan Nasional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

RUSMINI. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP DASAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 2 PURWOASRI KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 147-156. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.61