IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGNONGKO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • SUNARSO SD Negeri 2 Karangnongko, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.60

Kata Kunci:

Model pembelajaran kontekstual, hasil belajar matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika bagi siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko yang berjumlah 22 siswa terdiri dari 7 putra dan 15 putri. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko. Berdasarkan tes pada siklus I nilai rata-rata meningkat dari 66,27 menjadi 86,77 dengan ketuntasan belajar meningkat dari 22,73% menjadi 86,36%. Pada siklus II, dengan adanya perbaikan pada pembagian kelompok yang heterogen dengan pembagian tugas setiap anggota dapat memaksimalkan kegiatan pada komponen inkuri, bertanya, masyarakat belajar, dan pemodelan. Nilai rata-rata menjadi 89,18 dengan ketuntasan belajar 100%.

Referensi

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Daryanto & Rahardjo, Mulyo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah, Ali & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.

Handayani, H. 2015. Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1 (1), 142-149.

Hasibuan, M. Idrus. 2014. Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2 (01).

Isrok’atun & Rosmala, A. 2018. Model- Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Nashihin, Husna. 2017. Pendidikan Akhlak Kontekstual. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencan.

Syah, Muhibbin. 2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Rosdakarya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

SUNARSO. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGNONGKO KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019 . JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 132-146. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.60