UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETEPUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019

Penulis

  • WIDIASTUTI SD Negeri 2 Ketepung, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan

DOI:

https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.59

Kata Kunci:

Hasil belajar, pembelajaran eksploratif, resitasi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor melalui model pembelajaran eksploratif dan resitasi pada siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung Kebonagung tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mana digunakan untuk memperbaiki praktik pembelajaran di kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran eksploratif dan resitasi  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Ketepung materi suhu dan kalor. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pembelajaran di akhir proses pembelajaran. Sebelum tindakan nilai rata-rata seluruh siswa adalah 63.75 dengan ketuntasan belajar sebesar 47.7%, siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 73.12 dengan ketuntasan belajar sebesar 66.7%, dan siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 77.08 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.5%.

Referensi

Afandi, Muhammad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani. 2013. Model dan Metode Pembelajaran Disekolah. Semarang: Unisula Press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Djamarah, Syaiful Bahri Dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Farikhah, Siti. 2017. Manajemen Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Kusuma, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Puri Media.

Sugiyono. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-22

Cara Mengutip

WIDIASTUTI. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SUB TEMA SUHU DAN KALOR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EKSPLORATIF DAN RESITASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETEPUNG KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN 2019. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN: Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 119-131. https://doi.org/10.1503/jpp.v2i2.59